TUGAS MODUL 6
TES FORMATIF 1
1. Media
pembelajaran pada hakikatnya merupakan … .
Jawab : C. Wahana
penyalur pesan – pesan pembelajaran
2. Keberadaan
media dalam proses pembelajaran dikatakan diwujudkan dengan adanya … .
Jawab : A. perubahan
perilaku siswa sesuai dengan tujuan.
3. Fungsi
utama media dalam proses pembelajaran adalah … .
Jawab : B. mengurangi
terjadinya verbalisme pada diri siswa
4. Apabila
akan menggunakan media pembelajaran , hal utama yang harus dipertimbangkan
yaitu … .
Jawab : C. tujuan
kompetensi pelajaran yang ingin dicapai
5. Salah
satu manfaat yang dimiliki media pembelajaran, yaitu … .
Jawab : B.
membangkitkan motivasi belajar siswa
6. Dalam
komunikasi pembelajaran dibutuhkan peran media untuk … .
Jawab : A. meningkatkan
keefektifan pencapaian tujuan kompetensi
7. Dua
unsure penting dalam media pembelajaran, yaitu … .
Jawab : B. pesan dan
peralatan
8. Hasil
penelitian yang menguatkan pentingnya media pembelajaran, di antaranya adalah…
.
Jawab : A. proses
pembelajaran akan berhasil bila peran guru sangat aktif
9. Pernyataan
yang paling tepat adalah … .
Jawab : A. media
pembelajaran merupakan bagian integral dari proses pembelajaran
10. Pernyataan
yang bukan merupakan nilai media pembelajaran adalah … .
Jawab : C. membuat
konsep – konsep yang nyata menjadi abstrak
TES
FORMATIF 2
1. Pengertian
media by design ialah … .
Jawab : A. media yang
sengaja dirancang untuk mencapai tujuan
2. Jenis
media visual terdiri atas media … .
Jawab : C. projected
dan nonprojected
3. Salah
satu contoh media visual – diam, yaitu … .
Jawab : grafik tentang
perkembangan penduduk
4. Dalam
kegiatan pembelajaran untuk menjelsakan rangkaian isi bahan dalam suatu urutan
logis dan mengandung makna secara mudah, menarik, dan cepat dalam bentuk
berseri digunakan media grafis … .
Jawab : B. kartun
5. Bagan
untuk menggambarkan arah menunjukkan suatu idea tau gagasan melalui garis,
symbol, gambar dan kata – kata singkat , kecuali … .
Jawab : D. batang
6. Dalam
proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai jenis media … .
Jawab : B. tidak baik,
sebab akan mengaburkan tujuan pembelajaran
7. Proyektor
yang memproyeksikan benda dan gambar/huruf dari halaman buku/majalah disebut …
.
Jawab : A. opaque
8. Dalam
pelajaran Biologi tentang anatomi manusia guru membawa rangka manusia untuk
menjelaskan susunan tentang iga manusia, dalam hal ini guru menggunakan media
tiga dimensi model … .
Jawab : D. build-up
9. Media
yang tepat untuk melihat alat pencernaan pada seekor tikus yaitu media … .
Jawab : C. grafis
10. Media
tiga dimensi yang sering diigunakan dalam proses belajar mengajar adalah … .
Jawab
: D. model
TES FORMATIF 3
1. Klasifikasi
media sederhana untuk ukuran sekolah dasar pada umumnya menggunakan media … .
Jawab
: C. flipchart yang berisi media grafis
2. Pemilihan
media pembelajaran diperlukan karena … .
Jawab : B. jenis media
sangat banyak , juga karakteristiknya
3. Apabila
guru salah dalam memilih media maka yang terjadi adalah … .
Jawab : A. tujuan
pembelajaran tidak tercapai dengan baik
4. Prinsip
– prinsip pemilihan media sebagai berikut, kecuali … .
Jawab : D. kemudahan
guru menggunakan media
5. Objektivitas
sebagai salah satu factor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media,
maksudnya adalah … .
Jawab
: C. tidak disadari oleh kesenangan pribadi
guru
6. Jenis
bagan yang cocok untuk menunjukkan suatu silsilah keluarga, yaitu bagan … .
Jawab
: B. pohon
7. Bagan
table cocok digunakan untuk menerangkan … .
Jawab
: A. tarif angkutan udara dari suatu
perusahaan penerbangan
8. Untuk
lebih memberikan efek penekanan atau penonjolan maka bagan atau diagram yang
dibuat guru perlu dilengkapi dengan … .
Jawab
: C. menggunakan warna – warna yang
kontras
9. Bagian
– bagian anatomi alat pencernaan manusia akan lebih tepat digunakan melalui
model… .
Jawab
: C. susun
10. Bentuk
tiruan tiga dimensi yang menggambarkan suatu pemandangan di kaki bukit,
disebut… .
Jawab : B. diorama
TES FORMATIF 4
1. Sumber
belajar yang berupa pesan, yaitu … .
Jawab : C. garis –
garis besar program pembelajaran
2. Salah
satu keuntungan yang diperoleh apabila guru menggunakan lingkungan sebagai
sumber belajar adalah … .
Jawab : A. belajar akan
lebih bermakna
3. Lingkungan
yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu lingkungan … .
Jawab
: B. social dan lingkungan alam
4. Kehidupan
masyarakat yang dapat dipelajari sebagai lingkungan social yaitu … .
Jawab : A. adat
istiadat sekelompok masyarakat
5. Apabila
kita akan mengajarkan lingkungan social sebagai sumber belajar maka mulailah
dari lingkungan … .
Jawab : B. terdekat
dengan siswa
6. Tumbuh
– tunbuhan, hewan, udara, dan iklim termasuk lingkungan … .
Jawab : C. fisik
7. Membawa
lingkungan kedalam situasi belajar – mengajar dapat dilakukan dengan cara… .
Jawab : C. memanfaatkan
dokter puskesmas untuk berbicara di sekolah
8. Mempelajari
cara bercocok tanam padi langsung disawah dimana para petani sedang bekerja,
biasa disebut … .
Jawab : B. fieldtrip
9. Langkah
perencanaan yang dapat dilakukan untuk menggunakan lingkungan sebagai sumber
belajar … .
Jawab : A. menentukan
tujuan dan objek studi
10. Akhir
dari kegiatan survey lingkungan, yaitu para siswa melaporkan hasil – hasil yang
diperolehnya di depan kelas, kemudian ditanggapi oleh para siswa lainnya dari
guru, termasuk langkah … .
Jawab : D. tindak
lanjut atau follow-up
TUGAS MODUL 7
TES FORMATIF 1
1.
Dalam kaitan dengan keterampilan
bertanya,yang dimaksud dengan pertanyaan adalah….
Jawab
:
B. Pertanyaan adalah segala pernyataan yang
menginginkan tanggapan verbal/lisan
2.
Alasan yang mendukung perlunya guru
menguasai keterampilan
bertanya,kecuali….
Jawab
:
A.
Siswa
malas berpikir
3.
Setiap mengajukan pertanyaan , Bu Tuti
selalu meminta siswa yang duduk di deretan tengah untuk menjawabnya sehingga siswa yang duduk di deretan depan
dan belakang hamper tidak pernah mendapat giliran untuk menjawab. Komponen
keterampilan mana yang belum dikuasai Bu Tuti sehingga kejadian tersebut selalu
terjadi?
Jawab
:
C. Penyebaran paling tepat
4.
Sebelum mengajukan pertanyaan , Bu Rini
terlebih dahulu menyajikan data tentang keadaan geografis Indonesia. Dalam hal ini dapat dikatakan Bu
Rini sedang menerapkan keterampilan….
Jawab
:
D.
Keterampilan memberi acuan karena disini guru memberikan data terlebih dahulu
untuk diketahui siswa
5.
Mana pertanyaan yang tergolong
pertanyaaan yang jelas dan singkat ?
Jawab
:
A. Jawaban yang lain juga benar, tapi
yang lebih tepat adalah A
6.
D.
Bahwa guru harus mengajukan pertanyaan ke seluruh kelas Mana
pertanyaan yang tergolong pertanyaan yang menuntut proses berpikir tingkat
tinggi ?
Jawab
:
A. Faktor-faktor mana saja yang
berpengaruh pada gagalnya transmigrasi ?
B.
7. Dalam
menerapkan keterampilan bertanya,guru hendaknya menghindari kebiasan-kebiasaan
, kecuali…
Jawab
:
8.
Contoh pertanyaan pelacak yang bertujuan
untuk meminta kesepakatan pandangan siswa ialah…
Jawab
:
C.
Pertanyaan
pelacak membutuhkan jawaban lebih lanjut
9.
Jika siswa tidak dapat menjawab
pertanyaan guru maka sebaiknya guru…
Jawab
:
B.
Guru
harus dapat memberi tuntutan
10.
Dalam kaitan dengan keterampilan
bertanya ,salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan terjadinya
interaksi adalah….
Jawab
:
C.
Meminta
siswa lain menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh siswa
TES
FORMATIF 2
Pilihlah
A. Jika
(1) dan (2) benar
B. Jika
(1) dan (3) benar
C. Jika
(2) dan (3) benar
D. Jika
(1), (2) dan (3) benar
1.
Berikut ini adlah contoh-contoh
penguatan yang diberikan oleh guru…
(1) Guru
mendekati Rini sambil menanyakan masalah yang
dihadapinya
(2) “bagus
benar gambar Tono”, kata guru sambil mendekat.
(3) Sambil
mengangkat tangannya, guru berkata “ memang kelas ini hebat dalam mengatur
ruangan “.
Jawab
:
C.Bukan
penguatan melainkan hanya variasi dalam mengajar
2.
Tujuan memberikan penguatan, antara lain
…
(1) Membangkitkan
motivasi siswa untuk belajar
(2) Memberi imbalan kepada perbuatan siswa
(3) Menumbuhkan
kepercayaan diri
Jawab
:
B.Penguatan
tidak bertujuan untuk memberikan imbalan
3.
Contoh-contoh penguatan verbal adalah…
(1) “Tepat
benar hitunganmu:
(2) “
Tulisanmu makin lama makin bagus”
(3) “
Pekerjaanmu masih perlu diperbaiki”
Jawab
:
B. Pilihan
(3) bukan penguatan,tetapi balikan biasa
4.
Berikut yang tergolong penguatan dalam
bentuk mimik dan gerakan tubuh adalah…
(1) Guru
mendekati Tini dan menyentuh bahunya, setelah Tina menjawab dengan tepat
(2) Guru
menepuk-nepuk bahu Karno yang sedang kesal
(3) Guru
tersenyum sambil menganggukkan kepala mendengar jawaban Tini.
Jawab
:
B,Menepuk bahu anak yang sedang
kesal bukan penguatan kerana bukan merupakan respons terhadap perilaku yang
diharapkan
5.
Penguatan nonverbal dapat diberikan
dalam bentuk…
(1) Pujian
(2) Benda
atau symbol
(3) Gerak
mendekati
Jawab
:
C.
Pujian
termasuk verbal,bukan non verbal
6. Penguatan
tak penuh diberikan jika …..
(1) Jawaban siswa kurang sempurna
(2) Jawaban siswa tidak seluruhnya benar
(3) Tidak semua siswa menjawab dengan benar
Jawab
:
A. Penguatan tak penuh diberikan
kepada siswa yang sebagian dari jawabannya/pekerjaan sudah benar
7. Contoh penguatan tak penuh adalah …
(1) “Perbaiki kembali bagian ini karena
masih ada yang kurang tepat”
(2) “ Kelas ini memang hebat, namun
kerapiannya masih perlu ditingkatkan “
(3)
“ Bagian awal karanganmu cukup baik, tetapi inti perlu diperbaiki
Jawab :
C.Guru hanya memuji bagian yang
memang sudah baik
8.
Hal-hal atau prinsip yang perlu diperhatikan dalam memberikan
penguatan,antara lain …..
(1) sasaran pengutan harus jelas
(2) penguatan diberikan secara bergantian
(3) penguatan harus bermakna
Jawab :
B. Penguatan tidak perlu diberikan
secara bergantian,tetapi diberikan hanya kepada yang berhak menerima
9.
Respons negative sebaiknya dihindari
oleh guru karena respons negative dapat
….
(1) merusak hubungan guru dan siswa
(2) penguatan diberikan secara bergantian
(3) penguatan harus bermakna
Jawab :
B,
Sangat jarang terjadi, respon negatif menantang siswa belajar lebih baik
10. C ara-cara untuk menghindari respon negative
adalah…
(1) meminta siswa lain untuk
menanggapi jawaban temannya
(2) diam,sejenak kemudian menyuruh siswa
mengulangi jawabannya
(3) meminta jawaban dari siswa lain.
Jawab :
B, Meminta siswa lain untuk menjawab atau
menanggapi jawaban yang salah merupakan cara yang tepat
TES FORMATIF 3
Pilihlah
satu jawaban yang paling tepat !
1. Dalam
kegiatan pembelajaran,variasi bertujuan untuk mencapai, kecuali…
Jawab
:
B,
Bukan merupakan tujuan mengadakan
variasi
2. Komponen
variasi gaya mengajar mencakup,kecuali…..
Jawab
:
D,
Merupakan komponen variasi pola
interaksi,bukan variasi gaya mengajar.
3. Contoh
variasi yang tergolong dalam gerakan badan dan mimic adalah guru….
Jawab
:
B, hal yang lain tidak mengandung gerakan badan
dan mimic
4. Contoh
variasi yang tergolong dalam pemusatan perhatian adalah guru….
Jawab
:
B, yang lain bukan merupakan penekanan tetapi
contoh komponen yang lain
5.
Dalam satu pelajaran siang hari, guru
brerbicara menerangkan satu topic,sedangkan sebagian besar siswa
terkantuk-kantuk. Untuk mengatasi keadaaan tersebut,guru dapat
melakukan,kecuali…
Jawab
:
A, Diperlukan variasi sedang A bukan merupakan
keterampilan mengadakan variasi
6.
Setelah memberi contoh tentang satu
konsep, Pak Tono meminta para siswa secara berpasangan mencari 5 contoh lain.
Variasi yang diadakan Pak Tono tergolong dalam variasi…
Jawab
:
B, Perubahan pola interaksi dari klasikal ke
kegiatan berpasangan
7.
Ketika mengajarkan IPA/Sains
di kelas 6, bu Tuti mengajak para siswa ke laboratorium. Sampai di
laboratorium, para siswa tercengang melihat alat-alat yang begitu canggih.
Ketika bu Tuti meminta mereka untuk memegang satu alat, banyak siswa yang
merasa ketakutan. Prinsip mana yang kurang diperhatikan oleh Bu Tuti dalam
mengadakan variasi ini ?
Jawab
:
A, mungkin alat-alat yang ada di laboratorium tidak sesuai dengan
kemampuan /pengalaman siswa
8.
Setelah memberikan penjelasan secara
klasikal, Pak Udin meminta siswa bekerja di dalam kelompok untuk merancang satu
model pembangkit listrik sederhana. Variasi yang dilakukan Pak Udin termasuk
variasi….
Jawab
:
D, perubahan dari klasikal ke kelompok dan dari
ceramah (penjelasan) ke bekerja
9.
Variasi yang digunakan guru hendaknya
sesuai dengan,kecuali…..
Jawab
:
A, Tujuan pembelajaran tidak terlalu berpengaruh
pada variasi yang dibuat guru.
10.
Sebagai satu variasi,kesenyapan diadakan
guru dengan tujuan….
Jawab
:
A, variasi dari ramai ke senyap dapat menarik
perhatian siswa
TES
FORMATIF 4
1.
Pembicaraan guru di dalam kelas yang
dapat digolongkan kegiatan menjelaskan tercermin dalam kegiatan….
Jawab
;
B,
Jawaban yang lain bukan merupakan kegiatan menjelaskan
2.
Keterampilan menjelaskan sangat penting
untuk dikuasai oleh guru karena dengan keterampilan menjelaskan dengan
baik,guru dapat mencapai,kecuali…
Jawab
:
C,
Keterampiln menjelaskan tidak selalu membuat pelajaran menarik
3.
Dalam merencanakan materi penjelasan ,hal
terpenting yang harus diperhatikan guru adalah….
Jawab
:
A, Materi dan cara menjelaskan
4.
Agar memiliki perencanaan penjelasan
yang memadai,langkah-langkah yang harus ditempuh guru,kecuali…
Jawab
:
D, Menentukan
istilah-istilah yang akan dipakai dalam menjelaskan bukan merupakan langkah
dalam merencanakan penjelasan
5.
Komponen keterampilan menyajikan
penjelasan antara lain terdiri dari sub komponen, kecuali…
Jawab
;
C,
Analisis masalah tidak termasuk komponen keterampilan menyajikan masalah
6.
Komponen keterampilan menjelaskan yang
sangat erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam menggunakan bahasa lisan
adalah…
Jawab
;
A, Kejelasan berkaitan dengan kelancaran ucapan
serta penggunaan kata dan kalimat yang baik strukturnya
7.
Bu Tita sering mengucapkan bunyi-bunyi
yang tak bermakna, seperti m…m…m…ketika sedang menjelaskan sehingga siswa yang
duduk di deretan belakang sering menertawakannya. Contoh tersebut merpakan
demonstrasi dari kekurangterampilan guru dalam subkomponen….
Jawab
:
D, Suara tak bermakna,seperti mm,eh..eh,ya...ya
merupakan contoh kekuranglancaran guru berbicara yang dapat mengganggu
kejelasan
8.
Salah satu contoh perbuatan guru yang
menunjukkan penguasaan keterampilan pemberian tekanan adalah …
Jawab
:
A, Menunjuk istilah dan mengucapkan dengan
tekanan tertentu merupakan contoh keterampilan pemberian tekanan.
9.
Dalam menjelaskan, guru perlu
mendapatkan balikan atas tingkat pemahaman siswa akan masalah yang sedang
dijelaskan. Hal ini dapat dilakukan guru dengan berbagai cara, kecuali…
Jawab
:
B, bukan cara mendapatkan balikan
10.
Setelah menjelaskan satu rumus
matematika , guru mengajak siswa memecahkan satu soal matematika dengan
menggunakan rumus tersebut. Dari segi komponen keterampilan
menjelaskan,kegiatan guru ini tergolong dalam pendemonstrasian subkomponen
keterampilan
Jawab
: C, Memecahkan masalah merupakan contoh dari penggunaan rumus.
Sangat bagus, sangat membantu tingkatkan...
BalasHapusAku reques tes formatif 8 dan 9..
🙏