Sabtu, 27 Desember 2014

Tes Formatif Strategi pembelajaran Modul 6- 7 UT

TUGAS MODUL 6
TES FORMATIF 1
1.      Media pembelajaran pada hakikatnya merupakan … .
Jawab : C. Wahana penyalur pesan – pesan pembelajaran
2.      Keberadaan media dalam proses pembelajaran dikatakan diwujudkan dengan adanya … .
Jawab : A. perubahan perilaku siswa sesuai dengan tujuan.
3.      Fungsi utama media dalam proses pembelajaran adalah … .
Jawab : B. mengurangi terjadinya verbalisme pada diri siswa
4.      Apabila akan menggunakan media pembelajaran , hal utama yang harus dipertimbangkan yaitu … .
Jawab : C. tujuan kompetensi pelajaran yang ingin dicapai
5.      Salah satu manfaat yang dimiliki media pembelajaran, yaitu … .
Jawab : B. membangkitkan motivasi belajar siswa
6.      Dalam komunikasi pembelajaran dibutuhkan peran media untuk … .
Jawab : A. meningkatkan keefektifan pencapaian tujuan kompetensi
7.      Dua unsure penting dalam media pembelajaran, yaitu … .
Jawab : B. pesan dan peralatan
8.      Hasil penelitian yang menguatkan pentingnya media pembelajaran, di antaranya adalah… .
Jawab : A. proses pembelajaran akan berhasil bila peran guru sangat aktif
9.      Pernyataan yang paling tepat adalah … .
Jawab : A. media pembelajaran merupakan bagian integral dari proses pembelajaran
10.  Pernyataan yang bukan merupakan nilai media pembelajaran adalah … .
Jawab : C. membuat konsep – konsep yang nyata menjadi abstrak




TES FORMATIF 2

1.      Pengertian media by design ialah … .
Jawab : A. media yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan
2.      Jenis media visual terdiri atas media … .
Jawab : C. projected dan nonprojected
3.      Salah satu contoh media visual – diam, yaitu … .
Jawab : grafik tentang perkembangan penduduk
4.      Dalam kegiatan pembelajaran untuk menjelsakan rangkaian isi bahan dalam suatu urutan logis dan mengandung makna secara mudah, menarik, dan cepat dalam bentuk berseri digunakan media grafis … .
Jawab : B. kartun
5.      Bagan untuk menggambarkan arah menunjukkan suatu idea tau gagasan melalui garis, symbol, gambar dan kata – kata singkat , kecuali … .
Jawab : D. batang
6.      Dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai jenis media … .
Jawab : B. tidak baik, sebab akan mengaburkan tujuan pembelajaran
7.      Proyektor yang memproyeksikan benda dan gambar/huruf dari halaman buku/majalah disebut … .
Jawab : A. opaque
8.      Dalam pelajaran Biologi tentang anatomi manusia guru membawa rangka manusia untuk menjelaskan susunan tentang iga manusia, dalam hal ini guru menggunakan media tiga dimensi model … .
Jawab : D. build-up
9.      Media yang tepat untuk melihat alat pencernaan pada seekor tikus yaitu media … .
Jawab : C. grafis
10.  Media tiga dimensi yang sering diigunakan dalam proses belajar mengajar adalah … .
Jawab : D. model

TES FORMATIF 3
1.      Klasifikasi media sederhana untuk ukuran sekolah dasar pada umumnya menggunakan media … .
Jawab : C. flipchart yang berisi media grafis
2.      Pemilihan media pembelajaran diperlukan karena … .
Jawab : B. jenis media sangat banyak , juga karakteristiknya
3.      Apabila guru salah dalam memilih media maka yang terjadi adalah … .
Jawab : A. tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik
4.      Prinsip – prinsip pemilihan media sebagai berikut, kecuali … .
Jawab : D. kemudahan guru menggunakan media

5.      Objektivitas sebagai salah satu factor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media, maksudnya adalah … .
Jawab : C. tidak disadari oleh kesenangan pribadi guru
6.      Jenis bagan yang cocok untuk menunjukkan suatu silsilah keluarga, yaitu bagan … .
Jawab : B. pohon
7.      Bagan table cocok digunakan untuk menerangkan … .
Jawab : A. tarif angkutan udara dari suatu perusahaan penerbangan
8.      Untuk lebih memberikan efek penekanan atau penonjolan maka bagan atau diagram yang dibuat guru perlu dilengkapi dengan … .
Jawab : C. menggunakan warna – warna yang kontras
9.      Bagian – bagian anatomi alat pencernaan manusia akan lebih tepat digunakan melalui model… .
Jawab : C. susun
10.  Bentuk tiruan tiga dimensi yang menggambarkan suatu pemandangan di kaki bukit, disebut… .
Jawab : B. diorama

TES FORMATIF 4
1.      Sumber belajar yang berupa pesan, yaitu … .
Jawab : C. garis – garis besar program pembelajaran
2.      Salah satu keuntungan yang diperoleh apabila guru menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar adalah … .
Jawab : A. belajar akan lebih bermakna
3.      Lingkungan yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu lingkungan … .
Jawab : B. social dan lingkungan alam
4.      Kehidupan masyarakat yang dapat dipelajari sebagai lingkungan social yaitu … .
Jawab : A. adat istiadat sekelompok masyarakat
5.      Apabila kita akan mengajarkan lingkungan social sebagai sumber belajar maka mulailah dari lingkungan … .
Jawab : B. terdekat dengan siswa
6.      Tumbuh – tunbuhan, hewan, udara, dan iklim termasuk lingkungan … .
Jawab : C. fisik
7.      Membawa lingkungan kedalam situasi belajar – mengajar dapat dilakukan dengan cara… .
Jawab : C. memanfaatkan dokter puskesmas untuk berbicara di sekolah
8.      Mempelajari cara bercocok tanam padi langsung disawah dimana para petani sedang bekerja, biasa disebut … .
Jawab : B. fieldtrip
9.      Langkah perencanaan yang dapat dilakukan untuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar … .
Jawab : A. menentukan tujuan dan objek studi
10.  Akhir dari kegiatan survey lingkungan, yaitu para siswa melaporkan hasil – hasil yang diperolehnya di depan kelas, kemudian ditanggapi oleh para siswa lainnya dari guru, termasuk langkah … .
Jawab : D. tindak lanjut atau follow-up


TUGAS MODUL 7
TES FORMATIF 1

1.      Dalam kaitan dengan keterampilan bertanya,yang dimaksud dengan pertanyaan adalah….
Jawab :            B.   Pertanyaan adalah segala pernyataan yang menginginkan tanggapan verbal/lisan

2.      Alasan yang mendukung perlunya  guru  menguasai  keterampilan bertanya,kecuali….
Jawab :
A.     Siswa malas berpikir

3.      Setiap mengajukan pertanyaan , Bu Tuti selalu meminta  siswa yang duduk  di deretan tengah untuk menjawabnya  sehingga siswa yang duduk di deretan depan dan belakang hamper tidak pernah mendapat giliran untuk menjawab. Komponen keterampilan mana yang belum dikuasai Bu Tuti sehingga kejadian tersebut selalu terjadi?
Jawab :
C. Penyebaran paling tepat
4.      Sebelum mengajukan pertanyaan , Bu Rini terlebih dahulu menyajikan data tentang keadaan geografis  Indonesia. Dalam hal ini dapat dikatakan Bu Rini sedang menerapkan keterampilan….
Jawab :
D. Keterampilan memberi acuan karena disini guru memberikan data terlebih dahulu untuk diketahui siswa

5.      Mana pertanyaan yang tergolong pertanyaaan yang jelas dan singkat ?
Jawab :
A.  Jawaban yang lain juga benar, tapi yang lebih tepat adalah A



6.      D. Bahwa guru harus mengajukan pertanyaan ke seluruh kelas Mana pertanyaan yang tergolong pertanyaan yang menuntut proses berpikir tingkat tinggi ?
Jawab :
A.  Faktor-faktor mana saja yang berpengaruh pada gagalnya transmigrasi ?
B.   

7.      Dalam menerapkan keterampilan bertanya,guru hendaknya menghindari kebiasan-kebiasaan , kecuali…
Jawab :
           
           
8.      Contoh pertanyaan pelacak yang bertujuan untuk meminta kesepakatan pandangan siswa ialah…
Jawab :
C.     Pertanyaan pelacak membutuhkan jawaban lebih lanjut
9.      Jika siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru maka sebaiknya guru…
Jawab :
B.     Guru harus dapat memberi tuntutan

10.  Dalam kaitan dengan keterampilan bertanya ,salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan terjadinya interaksi adalah….
Jawab :
C.     Meminta siswa lain menjawab  pertanyaan yang diajukan oleh siswa

TES FORMATIF 2
Pilihlah
A.    Jika (1) dan (2) benar
B.     Jika (1) dan (3) benar
C.     Jika (2) dan (3) benar
D.    Jika (1), (2)  dan (3) benar

1.      Berikut ini adlah contoh-contoh penguatan yang diberikan oleh guru…
(1)   Guru mendekati Rini sambil menanyakan masalah yang  dihadapinya
(2)   “bagus benar gambar Tono”, kata guru sambil mendekat.
(3)   Sambil mengangkat tangannya, guru berkata “ memang kelas ini hebat dalam mengatur ruangan “.
Jawab :
C.Bukan penguatan melainkan hanya variasi dalam mengajar

2.      Tujuan memberikan penguatan, antara lain …
(1)   Membangkitkan motivasi siswa untuk belajar
(2)   Memberi  imbalan kepada perbuatan siswa
(3)   Menumbuhkan kepercayaan diri
Jawab :
B.Penguatan tidak bertujuan untuk memberikan imbalan

3.      Contoh-contoh penguatan verbal adalah…
(1)   “Tepat benar hitunganmu:
(2)   “ Tulisanmu makin lama makin bagus”
(3)   “ Pekerjaanmu masih perlu diperbaiki”
Jawab :
B.     Pilihan (3) bukan penguatan,tetapi balikan biasa



4.      Berikut yang tergolong penguatan dalam bentuk mimik dan gerakan tubuh adalah…
(1)   Guru mendekati Tini dan menyentuh bahunya, setelah Tina menjawab dengan tepat
(2)   Guru menepuk-nepuk bahu Karno yang sedang kesal
(3)   Guru tersenyum sambil menganggukkan kepala mendengar jawaban Tini.
Jawab :
B,Menepuk bahu anak yang sedang kesal bukan penguatan kerana bukan merupakan respons terhadap perilaku yang diharapkan
5.      Penguatan nonverbal dapat diberikan dalam bentuk…
(1)   Pujian
(2)   Benda atau symbol
(3)   Gerak mendekati
Jawab :
C.     Pujian termasuk verbal,bukan non verbal

6.      Penguatan tak penuh diberikan jika …..
(1)  Jawaban siswa kurang sempurna
(2)  Jawaban siswa tidak seluruhnya benar
(3)  Tidak semua siswa menjawab dengan benar
Jawab :
A.     Penguatan tak penuh diberikan kepada siswa yang sebagian dari jawabannya/pekerjaan sudah benar

7.   Contoh penguatan tak penuh adalah …
      (1) “Perbaiki kembali bagian ini karena masih ada yang kurang tepat”
      (2) “ Kelas ini memang hebat, namun kerapiannya masih perlu ditingkatkan “
      (3)  “ Bagian awal karanganmu cukup baik, tetapi inti perlu diperbaiki
      Jawab :
C.Guru hanya memuji bagian yang memang sudah baik

8.   Hal-hal atau prinsip yang perlu  diperhatikan dalam memberikan penguatan,antara lain …..
      (1) sasaran pengutan harus jelas
      (2) penguatan diberikan secara bergantian
      (3) penguatan harus bermakna
      Jawab :
B.     Penguatan tidak perlu diberikan secara bergantian,tetapi diberikan hanya kepada yang berhak menerima

9.   Respons negative sebaiknya dihindari oleh guru karena respons negative dapat  ….
      (1) merusak hubungan guru dan siswa
      (2) penguatan diberikan secara bergantian
      (3) penguatan harus bermakna
      Jawab :
B,   Sangat jarang terjadi, respon negatif menantang siswa belajar lebih baik

10.  C ara-cara untuk menghindari respon negative adalah…
      (1) meminta siswa lain untuk menanggapi  jawaban temannya
      (2) diam,sejenak kemudian menyuruh siswa mengulangi jawabannya
      (3) meminta jawaban dari siswa lain.
      Jawab :
B,  Meminta siswa lain untuk menjawab atau menanggapi jawaban yang salah merupakan cara yang tepat  

TES FORMATIF 3
Pilihlah satu  jawaban yang paling tepat !
1.      Dalam kegiatan pembelajaran,variasi bertujuan untuk mencapai, kecuali
Jawab :
            B,    Bukan merupakan tujuan mengadakan variasi

2.      Komponen variasi gaya mengajar mencakup,kecuali…..
Jawab :
            D,    Merupakan komponen variasi pola interaksi,bukan variasi gaya mengajar.

3.      Contoh variasi yang tergolong dalam gerakan badan dan mimic adalah guru….
Jawab :
            B,   hal yang lain tidak mengandung gerakan badan dan mimic



4.      Contoh variasi yang tergolong dalam pemusatan perhatian adalah guru….
Jawab :
            B,  yang lain bukan merupakan penekanan tetapi contoh komponen yang lain

5.      Dalam satu pelajaran siang hari, guru brerbicara menerangkan satu topic,sedangkan sebagian besar siswa terkantuk-kantuk. Untuk mengatasi keadaaan tersebut,guru dapat melakukan,kecuali…
Jawab :
            A,  Diperlukan variasi sedang A bukan merupakan keterampilan mengadakan variasi
6.      Setelah memberi contoh tentang satu konsep, Pak Tono meminta para siswa secara berpasangan mencari 5 contoh lain. Variasi yang diadakan Pak Tono tergolong dalam variasi…
Jawab :
            B,  Perubahan pola interaksi dari klasikal ke kegiatan berpasangan

7.      Ketika mengajarkan  IPA/Sains  di kelas 6, bu Tuti mengajak para siswa ke laboratorium. Sampai di laboratorium, para siswa tercengang melihat alat-alat yang begitu canggih. Ketika bu Tuti meminta mereka untuk memegang satu alat, banyak siswa yang merasa ketakutan. Prinsip mana yang kurang diperhatikan oleh Bu Tuti dalam mengadakan variasi ini ?
Jawab :
              A, mungkin alat-alat yang ada di laboratorium tidak sesuai dengan kemampuan /pengalaman siswa

8.      Setelah memberikan penjelasan secara klasikal, Pak Udin meminta siswa bekerja di dalam kelompok untuk merancang satu model pembangkit listrik sederhana. Variasi yang dilakukan Pak Udin termasuk variasi….
Jawab :
            D,  perubahan dari klasikal ke kelompok dan dari ceramah (penjelasan) ke bekerja

9.      Variasi yang digunakan guru hendaknya sesuai dengan,kecuali…..
Jawab :
            A,  Tujuan pembelajaran tidak terlalu berpengaruh pada variasi yang dibuat guru.

10.  Sebagai satu variasi,kesenyapan diadakan guru dengan tujuan….
Jawab :
            A,  variasi dari ramai ke senyap dapat menarik perhatian siswa




TES FORMATIF 4

1.      Pembicaraan guru di dalam kelas yang dapat digolongkan kegiatan menjelaskan tercermin dalam kegiatan….
Jawab ;
            B, Jawaban yang lain bukan merupakan kegiatan menjelaskan

2.      Keterampilan menjelaskan sangat penting untuk dikuasai oleh guru karena dengan keterampilan menjelaskan dengan baik,guru dapat mencapai,kecuali
Jawab :
            C, Keterampiln menjelaskan tidak selalu membuat pelajaran menarik


3.      Dalam merencanakan materi penjelasan ,hal terpenting yang harus diperhatikan guru adalah….
Jawab :
            A,  Materi dan cara menjelaskan

4.      Agar memiliki perencanaan penjelasan yang memadai,langkah-langkah yang harus ditempuh guru,kecuali…
Jawab :
D, Menentukan istilah-istilah yang akan dipakai dalam menjelaskan bukan merupakan langkah dalam merencanakan penjelasan

5.      Komponen keterampilan menyajikan penjelasan antara lain terdiri dari sub komponen, kecuali…
Jawab ;
            C,  Analisis masalah tidak termasuk komponen keterampilan menyajikan masalah

6.      Komponen keterampilan menjelaskan yang sangat erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam menggunakan bahasa lisan adalah…
Jawab ;
            A,  Kejelasan berkaitan dengan kelancaran ucapan serta penggunaan kata dan kalimat yang baik strukturnya

7.      Bu Tita sering mengucapkan bunyi-bunyi yang tak bermakna, seperti m…m…m…ketika sedang menjelaskan sehingga siswa yang duduk di deretan belakang sering menertawakannya. Contoh tersebut merpakan demonstrasi dari kekurangterampilan guru dalam subkomponen….
Jawab :
D,  Suara tak bermakna,seperti mm,eh..eh,ya...ya merupakan contoh kekuranglancaran guru berbicara yang dapat mengganggu kejelasan       
    
8.      Salah satu contoh perbuatan guru yang menunjukkan penguasaan keterampilan pemberian tekanan adalah …
Jawab :
                A,  Menunjuk istilah dan mengucapkan dengan tekanan tertentu merupakan contoh keterampilan pemberian tekanan.

9.      Dalam menjelaskan, guru perlu mendapatkan balikan atas tingkat pemahaman siswa akan masalah yang sedang dijelaskan. Hal ini dapat dilakukan guru dengan berbagai cara, kecuali…
Jawab :
            B,  bukan cara mendapatkan balikan

10.  Setelah menjelaskan satu rumus matematika , guru mengajak siswa memecahkan satu soal matematika dengan menggunakan rumus tersebut. Dari segi komponen keterampilan menjelaskan,kegiatan guru ini tergolong dalam pendemonstrasian subkomponen keterampilan

Jawab :            C, Memecahkan masalah merupakan contoh dari penggunaan rumus.

1 komentar:

  1. Sangat bagus, sangat membantu tingkatkan...
    Aku reques tes formatif 8 dan 9..
    🙏

    BalasHapus