TUGAS MODUL 1
TES FORMATIF 1
1.
Dari
contoh-contoh berikut ini, aktifitas belajar yang besar kemungkinan kadarnya
paling tinggi adalah…
Jawab
: D,
melakukan percobaan untuk membuktikan suatu hokum atau dalil di dalam IPA
2.
Perubahan
tingkah laku yang tidak dikategorikan sebagai hasil belajar adalah ….
Jawab : B, berubah perilakunya setelah mengalami
kecelakaan
3.
Hasil belajar
yang termasuk ranah afektif ialah …
Jawab : A, mencintai kebersihan
4.
Salah satu
contoh belajar melalui pengalaman langsung ialah…
Jawab : B, membuat petak pembibitan salah satu jenis
tanaman pangan
5.
Kegiatan belajar
melalui pengalaman tidak langsung yang paling abstrak adalah …
Jawab : D, mendengarkan penjelasan mengenai sejarah
perjuangan bangsa
6.
Dari
contoh-contoh melalui pengalaman tidak langsung yang paling abstrak ialah …
Jawab : C, mengaitkan tujuan pembelajaran dengan
kebutuhan hidup siswa sehari-hari
7.
Sebelum
pelajaran baru diajarkan, kegiatan pendahuluan yang dapat menumbuhkan perhatian
siswa ialah …
Jawab
: A, mengungkapkan pengalaman sehari-hari
siswa kemudian dikaitkan dengan pelajaran baru
8.
Balikan yang
lebih efektif bagi siswa adalah
Jawab
: C, siswa dirangsang mengoreksi
pekerjaannya sendiri dan diminta mencari cara terbaik memperbaikinya
9.
Pelajaran
pilihan disediakan dengan maksud untuk
Jawab : B, menyalurkan bakat siswa
10. Tekanan pembelajaran adalah …..
Jawab : D, terjadinya proses belajar siswa
TES FORMATIF 2
1.
Pendekatan
pembelajaran mengacu kepada …
Jawab : C, cara pandang terhadap pembelajaran
2.
Dengan
menerapkan pendekatan sistwm dalam pembelajaran,guru dituntut untuk merancang
dan melaksanakan pembelajaran …
Jawab : B, dengan memperhatikan hubungan antar
komponen untuk mencapai tujuan pembelajaran
3.
Ilmu atau kiat
yang digunakan untuk memanfaatkan sumber belajar dalam rangka mencapai tujuan
pembelajaran disebut…
Jawab : B, Strategi pembelajaran
4.
Penentuan
Strategi pembelajaran dilakukan pada saat…
Jawab : A, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
5.
Metode mengajar
adalah..
Jawab : C, cara yang dipilih dan digunakan guru untuk mencapai tujuan
pembelajaran
6.
Langkah-langkah
operasional untuk mencapai tujuan pembelajaran mangacu pada..
Jawab : D, teknik pembelajaran
7.
Faktor yang
perlu diperhatikan dalam merancang teknik pembelajaran adalah sebagai berikut,kecuali
…
Jawab : C, kebutuhan masyarakat
8.
Penentuan
pendekatan strategi,metode,dan teknik pembelajaran hendaknya didasarkan pada…
Jawab : A, kompetensi yang harus dikuasai dan karakteristik siswa
TES FORMATIF 3
1.
Berikut ini
adalah factor-faktor dalam memilih strategi pembelajaran,kecuali…
Jawab : B, jadwal pelajaran
2.
Tujuan
pembelajaran yang menggambarkan kemampuan menggunakan aturan ialah..
Jawab : C, siswa dapat menentukan luas sebuah
segitiga,setelah diketahui ukuran alas dan tingginya
3.
Kemampuan menentukan
dan memecahkan masalah dengan cepat dan tepat termasuk hasil belajar..
Jawab : B, strategi kognitif
4.
Tujuan
pembelajaran yang dirumuskan “ siswa dapat merangkai bunga ‘ termasuk hasil
belajar kelompok ..
Jawab ; C, keterampilam motoric
5.
Rumusan tujuanpembelajaran
yang berupa “ siswa menyadari pentingnya berperilaku disiplin” termasuk hasil
belajar kelompok…
Jawab : B, sikap
6.
Apabila rumusan
tujuan pembelajaran yang diharapkan dikuasai siswa adalah menjelaskan
fungsi-fungsi ginjal maka kegiatan pembelajaran yang harus disiapkan adalah…
Jawab : C, pengkajian
7.
Faktor
karakteristik siswa yang harus dipertimbangkan di dalam menentukan kegiatan
pembelajaran ialah..
Jawab : A, bakat siswa
8.
Alat peraga yang
tersedia di sekolah perlu dipertimbangkan dalam memilih strategi pembelajaran.
Faktor yang perlu diperhatikan dari alat peraga adalah..
Jawab : B, jumlah dan karakteristik
TES FORMATIF 4
1.
Strategi
deduktif dan induktif lebih tepat
digunakan untuk mengajarkan …
Jawab : B, konsep
2.
Kelebihan
strategi induktif dari Strategi deduktif
ialah siswa..
Jawab : D, lebih banyak berpikir
3.
Dengan Strategi
deduktif , kegiatan yang sepenuhnya dilakukan guru ialah…
Jawab ; C, merumuskan konsep
4.
Kemampuan yang
paling tepat dicapai melalui penerapan strategi pembelajaran heuristic ialah…
Jawab : D, pemecahan masalah
5.
Salah satu
kelebihan pembelajaran heuristic ialah siswa…
Jawab : A, dibina berpikir kritis
6.
Salah satu
pertimbangan penggunaan strategi ekspositoro ialah…
Jawab : C, sumber belajar hanyadimiliki guru
7.
Salah satu
dampak negative yang mungkin timbul dari penggunaan strategi ekpositori yang
terus menerus adalah …
Jawab : B, siswa pasif dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran
8.
Salah satu
keuntungan penggunaan pmbelajaran beregu
ialah siswa akan…
Jawab ; B, menghadapi situasi belajar yang
bervariasi
9.
Salah satu
keuntungan pengajaran individualialah siswa dapat …
Jawab : D, belajar sesuai kecepatan sendiri
10. Dalam penerapan strategi pembelajaran tatap muka
untuk menguasai kemampuan diskriminasi dan konsep konkret,hendaknyaguru
menggunakan alat peraga …
Jawab : C, langsung (benda aslinya)
TUGAS MODUL 2
TES FORMATIF 1
1. Belajar
adalah penambahan dan pengumpulan pengetahuan yang sebanyak – banyaknya untuk
menjadikan siswa yang cerdas, adalah pengertian …..
Jawab
: A.Lama tentang belajar
2. Belajar
adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku yang baru secara kkeseluruhan sebagai pemahaman individu
sendiri dalam interaksi dengan lingkungan, adalah pengertian…..
Jawab
: D. Belajar yang umum diterima saat ini
3. Belajar
merupakan suatu proses perubahan tingkah
laku yang diperoleh melalui latihan dan dukungan dari lingkungan , adalah
pengertian….
Jawab
: C. Belajar menurut Hilgard
4. Belajar
dapat dikatakan sebagai suatu proses, artinya….
Jawab : A. Dalam belajar akan terjadi proses melihat , membuat , mengamati,
menyelesaikan masalah atau persoalan, menyimak, latihan dan sejenisnya
5. Belajar
akan terjadi apabila terjadi proses interaksi dengan lingkungan.Lingkungan yang
dimaksud…
Jawab : A.Narasumber, teman, guru, situasi dan kondisi nyata, maupun lingkungan
alam dan lingkungan ( buatan laboratorium ) yang dapat dijadikan sumber belajar
siswa
6. Belajar
adalah adanya proses melakukan atau proses berbuat sesuatu sehingga menuntut
aktivitas siswa, merupakan pengertian dari……
Jawab
: A.Learning to do
7. Target
dalam belajar adalah adanya proses pemahaman , belajar dapat mengantarkan siswa
untuk mengetahui dan memahami substansi materi yang dipelajari siswa, merupakan
pengertian dari….
Jawab
: B. Learning to know
8. Faktor
dari dalam diri siswa yang mempengaruhi terhadap hasil belajar diantaranya
adalah……
Jawab : B. Kecakapan, minat, bakat, usaha, motivasi, perhatian, kelemahan,
kesehatan fisik, dan kebiasaan siswa
9. Faktor
dari luar diri siswa yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah……
Jawab : D. Lingkungan fisik, nonfisik, sosial budaya, keluarga, program dan
disiplin sekolah, program dan sikap guru, pelaksanaan pembelajaran, serta teman
sekolah.
10. Perubahan
yang disadari dan relatif bersifat….,
Jawab : C. Permanen, kontinu, dan fungsional berdasarkan tujuan yang telah
ditetapkan.
TES
FORMATIF 2
1. Proses
belajar yang dilaksanakan di Sekolah
Dasar harus memberikan kesempatan pada siswa untuk….
Jawab : B. Menemukan dan mencari sendiri
informasi untuk diolah menjadi konsep, prinsip dan generalisasi
2. Teori
belajar yang menganut prinsip bahwa manusia memiliki sejumlah kemampuan untuk
mengamati, menanggapi, mengingat, berpikir dan sebagainya yang dapat dilatih
dan disiplinkan, adalah….
Jawab
: A. Disiplin mental
3. Teori
belajar berikut ini lebih mengutamakan adanya stimulus – respon yang membentuk
kemampuan siswa secara spesifik dan terkontrol, sedangkan hukuman ( punishment ) dan ganjaran ( reward
) merupakan penguatan ( reinforcement
) yang dipakai . Teori belajar tersebut adalah…
Jawab
: B. Asosiasi
4. Edward
L .Thorndike mengemukakan hukum kesiapan ( Law
of readiness), yaitu bahwa….
Jawab : A. Hubungan antara stimulus dan
respon akan terbentuk apabila ada kesiapan pada sistem syaraf individu.
5. Edward
L.Thorndike mengemukakan hukum latihan atau pengulangan ( law
of exercise or repetition) sebagai berikut…..
Jawab : A. Hubungan stimulus dengan respon akan terbentuk apabila sering
dilatih atau diulang – ulang
6. Proses
belajar yang penerapannya memerlukan pengkondisian yang mendalam dari guru,
diantaranya : 1) Proses belajar harus dipersiapakan secara sistematis dan terarah
berdasarkan tujuan yang jelas dan terukur; 2) strategi belajar dipersiapkan
lebih teliti; 3) dalam proses belajar selalu menuntut adanya pujian dan
ganjaran; serta 4) aspek siswa kurang diperhatikan merupakan teori belajar…..
Jawab
: B. Asosiasi
7. Belajar
adalah suatu proses yang bertujuan eksploratif, imajinatif dan kreatif. Belajar
diarahkan untuk mengembangkan kemampuan tingkat tinggi, berpikir tinggi.
Pernyataan tersebut merupakan teori belajar….
Jawab
: C. Gestalt
8. Fase
perkembangan kognitif siswa usia 7 – 11 tahun termasuk pada…
Jawab
: C.Operasi konkret
9. Siswa
SD kelas 6 cenderung usianya 12 tahun sehingga menurut Piaget termasuk pada
fase….
Jawab : D. Operasional konkret
10. Menurut
teori perkembangan Kohlberg perkembangan moral yang harus sudah dimiliki siswa
Sekolah Dasar adalah kemampuan bertindak menjadi orang baik. Hal ini termasuk dalam tahap….
Jawab : B. Konvensional
TES
FORMATIF 3
1. Siswa
melakukan pembelajaran dihadapkan pada konsep atau prinsip hingga penerapannya,
diberikan pada siswa kelas…
Jawab : B. 4,5,6
2. Siswa
yang sudah dihadapkan pada konsep
generalisasi yang dapat diperoleh dari fakta atau kejadian – kejadian
yang konkret, adalah siswa kelas…
Jawab : D. 3
3. Karakteristik
pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran fakta, lebih bersifat konkret
atau menyampaikan kejadian – kejadian yang ada di sekitar lingkungan siswa,
adalah pembelajaran di kelas…
Jawab : A. 1, 2, 3
4. Strategi
pembelajaran yang memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa ( kelas 1
dan 2 ) yang melibatkan beberapa mata pelajaran adalah….
Jawab : A. Tematik
5. Menceritakan
masa kecilnya melalui bantuan foto atau dari cerita orang tuanya, merupakan
kegiatan pembelajaran yang tepat bila dilaksankan pada kelas ….
Jawab : A. 1, 2, 3
6. Kegiatan
pembelajaran yang sering digunakan di kelas tinggi Sekolah Dasar yang identic
dengan berpikir ilmiah adalah kegiatan …..
Jawab : D. Pemecahan masalah
7. Mencari,
menemukan, memilih informasi dari lingkungan sekitar, ,merupakan pembelajaran
di kelas…
Jawab : B. 4, 5, 6
8. Kegiatan
pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mencari dan membangun sendiri materi
yang dipelajarinya sesuai dengan teori….
Jawab : B. Konstruktivis
9. Menyelidiki
tentang adanya hubungan antara ciri makhluk hidup dengan lingkungan hidup ,
sebaiknya menggunakan metode….
Jawab : D. Inkuiri
10. Salah
satu ciri pembelajaran tematik, adalah dilakukan dengan….
Jawab : Pendekatan
terpadu
TUGAS MODUL 3
TES
FORMATIF 1
1. Belajar
kolaboratif merupakan ... .
A.
Belajar
kelompok dengan tugas yang sama
2. Dalam
belajar kolaboratif, pebelajar ... .
C.
Berbagi
tugas dalam belajar
3. Manfat
balajar kolaboratif adalah, kecuali ... .
D.
Menanamkan
sifat individualis
4. Belajar
kooperatif merupakan cara belajar ... .
C.
Dengan
kerjasama sesuai dengan kebutuhan pebelajar
5. Dalam
belajar kooperatif, pebelajar ... .
C.
Bertanggung
jawab kepada anggota kelompok
6. Belajar
quantum adalah ... .
D.
Belajar
yang berkualitas
7. Strategi
yang di lakukan guru dalam melakukan pembelajaran quantum adalah ... .
D.
Mengubah
sesuatu di lingkungan kelas
8. Prinsip
utama belajar kuantum adalah, kecuali ... .
A.
Mengedepankan
unsur kebebasan
9. Prinsip
utama belajar tematik adalah, kecuali ... .
C.
Tidak
mengintegrasikan bidang studi
10. Manfaat
belajar tematik adalah, kecuali ... .
B.
Belajar
sesuai urutan kurikulum
TES FORMATIF 2
1. Model
mengajar sosial memandang pembelajaran sebagai ... .
A.
Suatu
kegiatan yang dirancang
2. Model
investigasi kelompok adalah ... .
B.
Kelompok
dibentuk untuk mengatasi suatu msalah
3. Kedudukan
siswa dalam model mengajar personal adalah ... .
B.
Pemberi
dan penerima informasi
4. Model
belajar yang dapat membantu siswa mengumpulkan dan mengorganisasikan informasi
tentang isu-isu sosial, mengembangkan empati terhadap orang lainn, dan berusaha
untuk meningkatkan keterampilan sosial adalah model belajar ... .
A.
Bermain
peran
5. Mengajar
dengan tujuan memberikan struktur koognitif, model yang paling tepat digunakan
adalah ... .
C.
Advance
organiser
6. Guru
menggali prinsip-prinsip guna membimbing kerjasama dengan siswa dan memberikan
gambaran tentang diri siswa sebaik mungkin, guru ini menerapkan model mengajar
... .
D.
Peningkatan
harga diri
7.
Urutan-urutan kegiatan dalam belajar tuntas adalah ... .
C.
Materi dipecah menjadi unit-unit materi, disajikan
secara individual, siswa mengerjakan tugas secara bertahap, siswa diberi tes,
remedial
8.
Suatu paradigma
pembelajaran disusun berdasarkan kegiatan berikut (1) menyampaikan tujuan
pembelaran secara langsung kepada siswa
(2) melaksanakan serangkaian kegiatan yang mengacu pada tujuan, (3)
memonitor kemajuan-kemajuan belajar, (4) memberi balikan tentang hasil belajar,
(5) menilai hasil belajar, adalah model mengajar ... .
D.
Pembelajaran langsung
9.
Model yang
dirancang untuk belajar berfikir tentang kebijakan-kebijakan sosial, isu-isu
sosial di suatu negara, nasional, dan internasional merupakan model ... .
B.
Inkuiri yurispruidensi
10. Cara belajar yang digunakan ketika pebelajar
merencanakan proyek belajar mandiri maupun kooperatif termasuk dalam rumpun
model ... .
C.
Personil dalam pengajaran nondirektif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar