Sabtu, 27 Desember 2014

Tes Formatif Strategi Pembelajaran UT ( Modul 4-6 )

TUGAS MODUL 4
TES FORMATIF 1

1.      Kegiatan pendahuluan pembelajaran disebut juga kegiatan ... .
A.    Kegiatan pendahuluan pembelajaran terdiri atasa prainstruksional  dan kegiatan awal pembelajara.
2.      Upaya guru pada kegiatan awal pembelajaran untuk menghubungkan kemampuan yang telah dimiliki siswa dengan materi pelajaran yang akan di pelajari siswa adalah ... .
C.     Kegiatan mengaitkan apa yang telah diketahui siswa dengan pelajara yang telah dilaksanakan, dikenal denga istilah appersepsi.
3.      Kegiatan pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan pada pendahuluan pembelajaran yang harus dilaksanakan secara optimal, karena kegiatan tersebut ... .
A.     Kegiatan pembelajaran yang bersifat umum dan tidak berkaitan langsung dengan kegiatan inti pembelajaran dan sesuai dengan minata siswa merupakan kegiatan awal pembelajaran, semua kegiatan yang akan dilakukan oleh guru harus dirancang sebelumnya, walaupun tetap dilakukan penyesuaian pada saat pembelajaran.
4.      Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan awal siswa terhadap mteri yang akan dipelajria siswa, guru memberikan ... .
A.    Pretes atau tes awal dilaksanakan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi yang akan dipelajar.
5.      Kegiatan pendhuluan pembelajaran di antaranya melaksanakan bebagai kegiatan berikut , kecuali ... .
C.     Memberikan bimbingan dalam diskusi merupakan kegiatan inti pembelajaran
6.      Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa agar siswa mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari (sebelumnya) termasuk kegiatan ... .
D.    Mengajukan pertanyan yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari merupakan salah satu contoh menbuat kaitan  (atau dikenal juga dengan memberikan apersepsi)
7.      Readines merupakann salah satu prinsip dalam belajar, yang artinya belajar akan berlangsung optimal apabila siswa ... .
C.     Siswa akan berhasil optimal dalam belajarapabila telah siap secara mental (perhatiannya tepusat) terhadap pembelajaran yang akan dilaksanakan
8.      Kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk memberikan acuan pada kegiatan awal pembelajaran di antaranya adalah ... .
D.    Memberikan gambaran tentang materi yang akan dibahas merupakan salah satu kegiatan dalam kegiatan awal pembelajaran yang bertujuan memberi acuan. Kegiatan lainnya merupakan kegiatan awal pembelajaran tetapi bukan untuk memberikan acuan.
9.      Salah satu hal yang perlu dilakukan guru agar kegiatan pendahuluan pembelajaran efektif dan efisien adalah ... .
B.     Pemahaman guru terhadap karakteristik dan latar belakang siswa akan sangat membantu guru dalam merancang kegiatan pendahuluan pembelajaran
10.  Meminta siswa untuk menyampaikan pengalamannya yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari merupakan salah satu kegiatan awal pembelajaran dengan ... .
A.     Meminta siswa mnyampaikan pengalaman yang berkaitn dengan materi yang akan dibahas mrupakan kegiatan awal pembelajaran dengan membuat kaitan.


TES FORMATIF 2

1.   Kegiatan inti pembelajaran sangat menentukan hasil belajar siswa, karena pada prinsipnya kegiatan inti pembelajaran adalah ... .
A.     Kegiatan inti pembelajaran merupakan kegiatan pokok untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2.   Kegiatan inti pembelajaran hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa utnuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya, oleh karena itu, kegiatan inti pembelajaran hendaknya ... .
A.    Semua pilihan jawaban harus dikembangkan dalam kegiatan inti pembelajaran. Tetapi agara siswa dapat belajar sesuai dengan gaya belajarnya, kegiatan inti pembelajaran inti hendaknya bervariasi.
3.   Yang termasuk kedalam kegiatan inti pembelajaran adalah ... .
C.     Kegiatan inti pembelajaran merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mencapai tujuan pmbelajaran (menyajikan/membahas bahan pelajaran)
4.   Prinsip sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran klasikal, artinya pembelajaran harus ... .
C.     Prinsip sistematis dalam pembelajaran klasikal menuntut guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara berurutan dan nerorientasi pada tujuan yang telah ditetapkan.
5.   Berikut ini adalah kegiatan inti pembelajaran kelompok yang menggunakan diskusi, kecuali ... .
D.    Kegiatan inti dalam pembelajaran kelompok dengan metode diskusi adalah perumusan masalah identifikasi dan analisis masalah, menyusun laporan, dan presentasi kelompok. Sementara itu, membuat kesimpulan merupakan kegiatan akhir pembelaran.
6.   Yang merupakan kegiatan inti dalam pembelajaran klasikal sebagai berikut, kecuali ... .
C.     Mengerjakan soal-soal tentang materi yang dibahas merupakan kegiatan akhir dari pembelajaran klasikal karena melalui kegiatan ini guru mengukur pamahaman siswa terhadap materi yang dibahas.
7.   Dalam melaksanakan pembelajaran kelompok guru hendaknya memperhatikan prinsip perhatian, artinya selama pembelajaran berlangsung guru ... .
D.    Dengan menerapkan prinsip perhatian dalam pembaelajaran kelompok, guru hendaknya memperhatikan setiap kegiatan yang dilakukan oleh siswa sebagai individu dalam kelompok.


8.   Dalam pembelajaran kelompok, pembuatan kesepakatan tentang jawaban atas pertanyaan atau persoalan yang diberikan berlangsung pada tahap ... .
C.     Semua pilihanmerupakan langkah-langkah dalam pembelajaran kelompok dengan metode diskusi. Pembuatan kesepakatan tentang jawaban terhadap pertanyaan atau masalah yang diberikan dilaksanakan pada tahap analisis masalah.
9.   Kegiatan inti dalam pembelajaran perseorangan di antaranya adalah ... .
A.     Membantu kegiatan yang dilakukan siswa merupakan kegiatan inti dalam pembelajaran perseorangan. Sementara itu, kegiatan memeriksa hasil pekerjaan siswa dan memberikan balikan merupakan kegiatan akhir pembelajaran; sedangkan menympaikan kegiatan akan dilakukan merupakan kegiatan awal pembelajaran.
10.           Guru hendaknya memberikan penguatan terhadap kegiatan dan hasil yang diperoleh siswa karena dengan penguatan siswa akan melakukan hal berikut, kecuali ... .
B.     Membuat siswa duduk dengan tenang selama pembelajaran berlangsung bukanmerupakan tujuan diberikannya penguatan


TES FORMATIF 3

1.   Kegiatan akhir pembelajaran dilakukan untuk ... .
B.     Kegiatan akhir dilaksanakan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap kompetensi yang diharapkan.
2.   Kegiatan akhir dan tindak lanjut merupakan rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan karena kegiatan akhir ... .
C.     Hasil kegiatan akhir metupakan dasar untuk melakukan kegiatan tindak lanjut pembelajaran.
3.   Kegiatan yang dapat di laksanakan guru pada akhir pembelajaran adalah ... .
C.     Kegiatan yang dapat dilakukan dalam kegiatan akhir pembelajaan adalah melaksanakan penilaian. Kegiatan yang lainnya merupakan kegiatan inti (mebahas amteri pelajaran dan mengelompokkan siswa) dan kegiatan awal pembelajaran (memberikan kegiatan yang harus dilakukan siswa).
4.   Berikut ini adalah kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan tindak lanjut, kecuali ... .
B.     Kegiatan melakukan penilaian merupaka salah satu kegiatan akhir pembelajaran, bukan kegiatan tindak lanjut.
5.   Langkah pertama yang harus ditempuh dalam memberikan tugas pada siswa adalah ... .
A.     Agar tugas yang diberikan dapat dikerjakan dengan benar, guru pertama kali harus menetukan dan menjelaskan secara singkat tentang topik tugas tersebut.
6.   Kegiatan meninjau kembali kegiatan siswa terhadap materi pelajaran dilakukan agar siswa ... .
A.    Kegiatan meninjau kembali penguasaan siswa dilakukan untuk memberikan gambaran utuh tentang materi pelajaran dan untuk meyakinkan guru tentang penguasaan siswa terhadap materi yang dipelajari.
7.      Kegiatan akhir dan tindak lanjut harus berlandaskan pada perencanaan yang telah dibuat serta harus dilaksanakan secara ... .
D.    Kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran harus direncanakan dan dilaksanakan secara efektif, efisien, fleksibel, dan sistematis.

8.      Kegiatan tindak lanjut dalam pembelajaran, sperti memberikan pengayaan dan perbaikan, dapat dilaksanakan stelah ... .
C.     Kegiatan pengayaan atau remedial sebagai kegiatan tindak lanjut pembelajarandapat dilaksanakan setelah melakukan kegiatan penialian akhir pembelajaran dan penilaian formatif.






9.      Penilaian pada kegiatan akhir pembeljaran dapat dilakukan secara lisan dengan pertimbangan ...
C.     Penilaian pada kegiatan akhir pembelajaran dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan lisan apabila pertanyaan tersebut dutujukan  pada beberapa siswa secara representatif dan guru dapat secralangsung menganalisis hasil penilaian tersebut sehingga guru dapat mengetahui penguasaan siswa atau kelas terhadap komptensi yang diharapkan.
10.  Faktor yang harus dipertimbangakan guru dalam memberikan tugas pada siswa adalah ... .
D.    Tugas yang baik adalah tgas yang sesuai dengan waktu yang tersedia dan kemampuan yang miliki siswa, terpadu dengan (tugas) mata pelajaran yang lain, serta sesuai dengan tujuan pembelajaran.



























TUGAS MODUL 5
TES FORMATIF 1
1.      Faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih metode mengajar adalah …
A,  tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, siswa, dan alokasi waktu yang tersedia
2.      Metode mengajar adalah merupakan…
D,  cara dan teknik yang digunakan guru dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan
3.      Penggunaan metode mengajar dalam pembelajaran memiliki fungsi-fungsi,kecuali …
D,  sebagai acuan dalam menentukan perkembangan kemampuan siswa
4.      Metode mengajar harus memungkinkandapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap bahan pelajaran …
D,  curiosty
5.      Metode mengajar memungkinkan  siswa belajar secara mandiri dan belaja sesuai dengan kemampuannya adalah…
D,  independent study
6.      Siswa dapat mengidentifikasi alat percobaan bunyi dapat merambat melalui zat cair dan gas. Tujuan tersebut dikategorikan dalam ranah …
D,  analisis
7.      Siswa dapat membandingkan antara ukuran besar induk dengan anaknya,kegiatan belajar tersebut efektif jika menggunakan metode,kecuali…
B,  pemecahan masalah
8.      Urutan yang benar dari tujuan yang ingin dicapai dalam ranah kognitif mulai dari yang terendah,sampai yang sukar adalah…
A,  pengetahuan, pemahaman,aplikasi,analisis,sintesis,evaluasi
9.      Dalam pemilihan metode mengajar yang pertama harus dipertimbangkan adalah …
C,  tujuan pembelajaran
10.  Dalam pemilihan odel mengajar ,factor siswa perlu dipertimbangkan terutama yang berhubungan dengan …
C,  jumlah dan kemampuan siswa

TES FORMATIF 2
1.      Penggunaan metode demonstrasi lebih tepat apabila karakteristik materi pelajarannya…
D,  mempertunjukkan suatu proses
2.      Kondisi siswa yang perlu diperhatikan dalam metode ceramah, kecuali …
A,  kemampuan bertanya dan berargumentasi
3.      Metode mengajar ceramah lebih tepat digunakan apabila karakteristik materinya bersifat…
A,  informatif
4.      Metode ceramah lebih sesuai digunakan pada pembelajaran …
A,  klasikal
5.      Untuk membentuk pemahaman cara menerapkan menyelesaikan persoalan atau permasalahan cenderung menggunakan metode …
D,  diskusi
6.      Metode mengajar yang lebih cenderung pada penyajian bahan pelajaran pada objek yang bukan sebenarnya adalah metode
D,  simulasi
7.      Keunggulan dari metode diskusi, kecuali…
A,  siswa dapat bertukar pikiran
8.      Metode simulasi dapat membentuk pengalaman belajar siswa dalam hal pemahaman …
D,  dalam menginterprestasi suatu kejadian
9.      Metode mengajar yang dalam penyajiannya mencobakan sesuatu serta melakukan pengamatan terhadap objek tertentu adalah metode …
C, eksperimen
10.  Untuk membentuk siswa memiliki rasa ingin tahu dan ingin menguji kebenaran sesuatu sebaiknya menggunakan metode …
D,  eksperimen

TUGAS MODUL 6
TES FORMATIF 1
1.      Media pembelajaran pada hakikatnya merupakan … .
Jawab : C. Wahana penyalur pesan – pesan pembelajaran
2.      Keberadaan media dalam proses pembelajaran dikatakan diwujudkan dengan adanya … .
Jawab : A. perubahan perilaku siswa sesuai dengan tujuan.
3.      Fungsi utama media dalam proses pembelajaran adalah … .
Jawab : B. mengurangi terjadinya verbalisme pada diri siswa
4.      Apabila akan menggunakan media pembelajaran , hal utama yang harus dipertimbangkan yaitu … .
Jawab : C. tujuan kompetensi pelajaran yang ingin dicapai
5.      Salah satu manfaat yang dimiliki media pembelajaran, yaitu … .
Jawab : B. membangkitkan motivasi belajar siswa
6.      Dalam komunikasi pembelajaran dibutuhkan peran media untuk … .
Jawab : A. meningkatkan keefektifan pencapaian tujuan kompetensi
7.      Dua unsure penting dalam media pembelajaran, yaitu … .
Jawab : B. pesan dan peralatan
8.      Hasil penelitian yang menguatkan pentingnya media pembelajaran, di antaranya adalah… .
Jawab : A. proses pembelajaran akan berhasil bila peran guru sangat aktif
9.      Pernyataan yang paling tepat adalah … .
Jawab : A. media pembelajaran merupakan bagian integral dari proses pembelajaran
10.  Pernyataan yang bukan merupakan nilai media pembelajaran adalah … .
Jawab : C. membuat konsep – konsep yang nyata menjadi abstrak




TES FORMATIF 2

1.      Pengertian media by design ialah … .
Jawab : A. media yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan
2.      Jenis media visual terdiri atas media … .
Jawab : C. projected dan nonprojected
3.      Salah satu contoh media visual – diam, yaitu … .
Jawab : grafik tentang perkembangan penduduk
4.      Dalam kegiatan pembelajaran untuk menjelsakan rangkaian isi bahan dalam suatu urutan logis dan mengandung makna secara mudah, menarik, dan cepat dalam bentuk berseri digunakan media grafis … .
Jawab : B. kartun
5.      Bagan untuk menggambarkan arah menunjukkan suatu idea tau gagasan melalui garis, symbol, gambar dan kata – kata singkat , kecuali … .
Jawab : D. batang
6.      Dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai jenis media … .
Jawab : B. tidak baik, sebab akan mengaburkan tujuan pembelajaran
7.      Proyektor yang memproyeksikan benda dan gambar/huruf dari halaman buku/majalah disebut … .
Jawab : A. opaque
8.      Dalam pelajaran Biologi tentang anatomi manusia guru membawa rangka manusia untuk menjelaskan susunan tentang iga manusia, dalam hal ini guru menggunakan media tiga dimensi model … .
Jawab : D. build-up
9.      Media yang tepat untuk melihat alat pencernaan pada seekor tikus yaitu media … .
Jawab : C. grafis
10.  Media tiga dimensi yang sering diigunakan dalam proses belajar mengajar adalah … .
Jawab : D. model

TES FORMATIF 3
1.      Klasifikasi media sederhana untuk ukuran sekolah dasar pada umumnya menggunakan media … .
Jawab : C. flipchart yang berisi media grafis
2.      Pemilihan media pembelajaran diperlukan karena … .
Jawab : B. jenis media sangat banyak , juga karakteristiknya
3.      Apabila guru salah dalam memilih media maka yang terjadi adalah … .
Jawab : A. tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik
4.      Prinsip – prinsip pemilihan media sebagai berikut, kecuali … .
Jawab : D. kemudahan guru menggunakan media

5.      Objektivitas sebagai salah satu factor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media, maksudnya adalah … .
Jawab : C. tidak disadari oleh kesenangan pribadi guru
6.      Jenis bagan yang cocok untuk menunjukkan suatu silsilah keluarga, yaitu bagan … .
Jawab : B. pohon
7.      Bagan table cocok digunakan untuk menerangkan … .
Jawab : A. tarif angkutan udara dari suatu perusahaan penerbangan
8.      Untuk lebih memberikan efek penekanan atau penonjolan maka bagan atau diagram yang dibuat guru perlu dilengkapi dengan … .
Jawab : C. menggunakan warna – warna yang kontras
9.      Bagian – bagian anatomi alat pencernaan manusia akan lebih tepat digunakan melalui model… .
Jawab : C. susun
10.  Bentuk tiruan tiga dimensi yang menggambarkan suatu pemandangan di kaki bukit, disebut… .
Jawab : B. diorama

TES FORMATIF 4
1.      Sumber belajar yang berupa pesan, yaitu … .
Jawab : C. garis – garis besar program pembelajaran
2.      Salah satu keuntungan yang diperoleh apabila guru menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar adalah … .
Jawab : A. belajar akan lebih bermakna
3.      Lingkungan yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu lingkungan … .
Jawab : B. social dan lingkungan alam
4.      Kehidupan masyarakat yang dapat dipelajari sebagai lingkungan social yaitu … .
Jawab : A. adat istiadat sekelompok masyarakat
5.      Apabila kita akan mengajarkan lingkungan social sebagai sumber belajar maka mulailah dari lingkungan … .
Jawab : B. terdekat dengan siswa
6.      Tumbuh – tunbuhan, hewan, udara, dan iklim termasuk lingkungan … .
Jawab : C. fisik
7.      Membawa lingkungan kedalam situasi belajar – mengajar dapat dilakukan dengan cara… .
Jawab : C. memanfaatkan dokter puskesmas untuk berbicara di sekolah
8.      Mempelajari cara bercocok tanam padi langsung disawah dimana para petani sedang bekerja, biasa disebut … .
Jawab : B. fieldtrip
9.      Langkah perencanaan yang dapat dilakukan untuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar … .
Jawab : A. menentukan tujuan dan objek studi
10.  Akhir dari kegiatan survey lingkungan, yaitu para siswa melaporkan hasil – hasil yang diperolehnya di depan kelas, kemudian ditanggapi oleh para siswa lainnya dari guru, termasuk langkah … .
Jawab : D. tindak lanjut atau follow-up


Tidak ada komentar:

Posting Komentar