ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN
GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA
MAHASISWA
|
:
|
MATA
PELAJARAN/TEMA
|
:
|
NIM
|
:
|
WAKTU (JAM)
|
:
|
TEMPAT
MENGAJAR
|
:
|
HARI,
TANGGAL
|
:
|
KELAS
|
:
|
UPBJJ-UT
|
:
|
PETUNJUK
Baca dengan
cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa
ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana
tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan
Tujuan/Indikator perbaikan pembelajaran 1 2 3 4 5
1.1.
Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang
sesuai
dengan kurikulum dan masalah yang
diperbaiki
1.2.
Merumuskan tujuan khusus/indikator perbaikan
pem-
belajaran
Rata-rata
butir 1 = A
2.
Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi, menentukan tema, media
(alat bantu
pembelajaran) dan sumber belajar
2.1.
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
pembelajaran
2.2.
Mengembangan jaringan tema dan menentukan tema
(khusus untuk pembelajaran tematik)
2.3.
Menentukan dan mengembangkan alat
bantu pembelajaran
2.4.
Memilih sumber belajar
Rata-rata
butir 2 = B
3.
Merencanakan
skenario perbaikan pembelajaran
3.1.
Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran/
yang
sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)
3.2.
Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/
yang sesuai tema (untuk pembelajaran tematik)
3.3.
Menentukan alokasi waktu perbaikan
pembelajaran
3.4.
Menentukan cara-cara memotivasi
siswa
3.5.
Menyiapkan pembelajaran
Rata-rata
butir 3 = C
4.
Merancang
pengolahan kelas perbaikan pembelajaran
4.1.
Menentukan penataan ruang dan
fasilitas belajar
4.2.
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar
siswa
dapat
berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran
Rata-rata
butir 4 = D
5.
Merencanakan prosedur, jenis
dan menyiapkan alat
Penilaian perbaikan
pembelajaran
5.1.
Menentukan prosedur dan jenis penilaian
(khusus untuk pembelajaran tematik
prosedur
penilaian harus dilakukan secara berkala,
berkesinambungan, dan menyeluruh)
5.2.
Membuat alat-alat penilaian dan
kunci jawaban
Rata-rata
butir 5 = E
6.
Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran
6.1.
Kebersihan dan kerapian
6.2.
Penggunaan bahasa tulis
Rata-rata
butir 6 = F
Mengetahui
Kepala Sekolah,
H. MUHAMMAD AMIN NUR,S.E.
NIP. 19591010 198203 1 034
|
Moncongloe, 25 Oktober 2014
Supervisor 2
SOFIAH YUSUF,S.Pd.
NIP. 19620903 198206 2 002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar