Sabtu, 27 Desember 2014

FORMAT ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN  PEMBELAJARAN

NAMA MAHASISWA
MATA PELAJARAN/TEMA
NIM
:
WAKTU   (JAM)
TEMPAT MENGAJAR
HARI, TANGGAL
KELAS
UPBJJ-UT

PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :

1.    Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan                 
Tujuan/Indikator perbaikan pembelajaran                                                 1                    2                     3                   4                    5
1.1.      Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai
dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki
1.2.     Merumuskan tujuan khusus/indikator perbaikan pem-
        belajaran
                                                                                                                                                                                       Rata-rata butir 1 = A
2.    Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media
      (alat bantu pembelajaran) dan sumber belajar
2.1.    Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
pembelajaran
2.2.    Mengembangan jaringan tema  dan menentukan tema
          (khusus untuk pembelajaran tematik)
2.3.    Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran
2.4.    Memilih sumber belajar

                                                                                                                                                        Rata-rata butir 2 = B
3.    Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
3.1.    Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran/
          yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)
3.2.    Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/
          yang sesuai  tema (untuk pembelajaran tematik)
3.3.    Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran
3.4.    Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5.    Menyiapkan pembelajaran
                                                                                                                                                        Rata-rata butir 3 = C
4.    Merancang pengolahan kelas perbaikan pembelajaran
4.1.    Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar
4.2.    Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa
         dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran
                                                                                                                                                                          Rata-rata butir 4 = D


5.    Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat
      Penilaian perbaikan pembelajaran
5.1.    Menentukan prosedur dan jenis penilaian
        (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur
        penilaian harus dilakukan secara  berkala,
        berkesinambungan, dan menyeluruh)
5.2.    Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
                                                                                                                                                        Rata-rata butir 5 = E
6.    Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran
6.1.    Kebersihan dan kerapian
6.2.    Penggunaan bahasa tulis
                                                                                                                                                        Rata-rata butir 6 = F
 




Mengetahui
Kepala Sekolah,





H. MUHAMMAD AMIN NUR,S.E.
NIP. 19591010 198203 1 034

Moncongloe,  25 Oktober 2014
Supervisor 2





SOFIAH YUSUF,S.Pd.
NIP. 19620903 198206 2 002

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar