TUGAS MODUL 4
TES FORMATIF 1
1.
Kegiatan
pendahuluan pembelajaran disebut juga kegiatan ... .
A.
Kegiatan pendahuluan pembelajaran terdiri atasa
prainstruksional dan kegiatan awal
pembelajara.
2.
Upaya guru pada
kegiatan awal pembelajaran untuk menghubungkan kemampuan yang telah dimiliki
siswa dengan materi pelajaran yang akan di pelajari siswa adalah ... .
C.
Kegiatan mengaitkan apa yang telah diketahui siswa
dengan pelajara yang telah dilaksanakan, dikenal denga istilah appersepsi.
3.
Kegiatan
pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan pada pendahuluan pembelajaran yang
harus dilaksanakan secara optimal, karena kegiatan tersebut ... .
A.
Kegiatan pembelajaran yang bersifat umum dan tidak
berkaitan langsung dengan kegiatan inti pembelajaran dan sesuai dengan minata
siswa merupakan kegiatan awal pembelajaran, semua kegiatan yang akan dilakukan
oleh guru harus dirancang sebelumnya, walaupun tetap dilakukan penyesuaian pada
saat pembelajaran.
4.
Untuk mengetahui
sejauh mana kemampuan awal siswa terhadap mteri yang akan dipelajria siswa,
guru memberikan ... .
A.
Pretes atau tes awal dilaksanakan untuk mengetahui
penguasaan siswa terhadap materi yang akan dipelajar.
5.
Kegiatan
pendhuluan pembelajaran di antaranya melaksanakan bebagai kegiatan berikut , kecuali
... .
C.
Memberikan bimbingan dalam diskusi merupakan
kegiatan inti pembelajaran
6.
Guru mengajukan
pertanyaan kepada siswa agar siswa mengingat kembali materi pelajaran yang
sudah dipelajari (sebelumnya) termasuk kegiatan ... .
D.
Mengajukan pertanyan yang berkaitan dengan materi
yang telah dipelajari merupakan salah satu contoh menbuat kaitan (atau dikenal juga dengan memberikan
apersepsi)
7.
Readines
merupakann salah satu prinsip dalam belajar, yang artinya belajar akan
berlangsung optimal apabila siswa ... .
C.
Siswa akan berhasil optimal dalam belajarapabila
telah siap secara mental (perhatiannya tepusat) terhadap pembelajaran yang akan
dilaksanakan
8.
Kegiatan yang
dapat dilakukan guru untuk memberikan acuan pada kegiatan awal pembelajaran di
antaranya adalah ... .
D.
Memberikan gambaran tentang materi yang akan dibahas
merupakan salah satu kegiatan dalam kegiatan awal pembelajaran yang bertujuan
memberi acuan. Kegiatan lainnya merupakan kegiatan awal pembelajaran tetapi
bukan untuk memberikan acuan.
9.
Salah satu hal
yang perlu dilakukan guru agar kegiatan pendahuluan pembelajaran efektif dan
efisien adalah ... .
B.
Pemahaman guru terhadap karakteristik dan latar
belakang siswa akan sangat membantu guru dalam merancang kegiatan pendahuluan
pembelajaran
10. Meminta siswa untuk menyampaikan pengalamannya yang
sesuai dengan materi yang akan dipelajari merupakan salah satu kegiatan awal
pembelajaran dengan ... .
A.
Meminta siswa mnyampaikan pengalaman yang berkaitn
dengan materi yang akan dibahas mrupakan kegiatan awal pembelajaran dengan
membuat kaitan.
TES
FORMATIF 2
1. Kegiatan
inti pembelajaran sangat menentukan hasil belajar siswa, karena pada prinsipnya
kegiatan inti pembelajaran adalah ... .
A.
Kegiatan
inti pembelajaran merupakan kegiatan pokok untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan
inti pembelajaran hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa utnuk belajar
sesuai dengan gaya belajarnya, oleh karena itu, kegiatan inti pembelajaran
hendaknya ... .
A. Semua pilihan jawaban harus
dikembangkan dalam kegiatan inti pembelajaran. Tetapi agara siswa dapat belajar
sesuai dengan gaya belajarnya, kegiatan inti pembelajaran inti hendaknya
bervariasi.
3. Yang
termasuk kedalam kegiatan inti pembelajaran adalah ... .
C. Kegiatan inti pembelajaran
merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mencapai tujuan pmbelajaran
(menyajikan/membahas bahan pelajaran)
4. Prinsip
sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran klasikal, artinya pembelajaran harus
... .
C.
Prinsip
sistematis dalam pembelajaran klasikal menuntut guru untuk melaksanakan
kegiatan pembelajaran secara berurutan dan nerorientasi pada tujuan yang telah
ditetapkan.
5. Berikut
ini adalah kegiatan inti pembelajaran kelompok yang menggunakan diskusi,
kecuali ... .
D. Kegiatan inti dalam pembelajaran
kelompok dengan metode diskusi adalah perumusan masalah identifikasi dan
analisis masalah, menyusun laporan, dan presentasi kelompok. Sementara itu,
membuat kesimpulan merupakan kegiatan akhir pembelaran.
6. Yang
merupakan kegiatan inti dalam pembelajaran klasikal sebagai berikut, kecuali
... .
C. Mengerjakan soal-soal tentang
materi yang dibahas merupakan kegiatan akhir dari pembelajaran klasikal karena
melalui kegiatan ini guru mengukur pamahaman siswa terhadap materi yang dibahas.
7. Dalam
melaksanakan pembelajaran kelompok guru hendaknya memperhatikan prinsip
perhatian, artinya selama pembelajaran berlangsung guru ... .
D.
Dengan
menerapkan prinsip perhatian dalam pembaelajaran kelompok, guru hendaknya
memperhatikan setiap kegiatan yang dilakukan oleh siswa sebagai individu dalam
kelompok.
8. Dalam
pembelajaran kelompok, pembuatan kesepakatan tentang jawaban atas pertanyaan
atau persoalan yang diberikan berlangsung pada tahap ... .
C.
Semua
pilihanmerupakan langkah-langkah dalam pembelajaran kelompok dengan metode
diskusi. Pembuatan kesepakatan tentang jawaban terhadap pertanyaan atau masalah
yang diberikan dilaksanakan pada tahap analisis masalah.
9. Kegiatan
inti dalam pembelajaran perseorangan di antaranya adalah ... .
A.
Membantu
kegiatan yang dilakukan siswa merupakan kegiatan inti dalam pembelajaran
perseorangan. Sementara itu, kegiatan memeriksa hasil pekerjaan siswa dan
memberikan balikan merupakan kegiatan akhir pembelajaran; sedangkan menympaikan
kegiatan akan dilakukan merupakan kegiatan awal pembelajaran.
10.
Guru hendaknya memberikan penguatan terhadap
kegiatan dan hasil yang diperoleh siswa karena dengan penguatan siswa akan
melakukan hal berikut, kecuali ... .
B. Membuat siswa duduk dengan tenang
selama pembelajaran berlangsung bukanmerupakan tujuan diberikannya penguatan
TES
FORMATIF 3
1. Kegiatan
akhir pembelajaran dilakukan untuk ... .
B.
Kegiatan
akhir dilaksanakan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap kompetensi yang
diharapkan.
2. Kegiatan
akhir dan tindak lanjut merupakan rangkaian kegiatan yang tidak dapat
dipisahkan karena kegiatan akhir ... .
C.
Hasil
kegiatan akhir metupakan dasar untuk melakukan kegiatan tindak lanjut
pembelajaran.
3. Kegiatan
yang dapat di laksanakan guru pada akhir pembelajaran adalah ... .
C.
Kegiatan
yang dapat dilakukan dalam kegiatan akhir pembelajaan adalah melaksanakan
penilaian. Kegiatan yang lainnya merupakan kegiatan inti (mebahas amteri
pelajaran dan mengelompokkan siswa) dan kegiatan awal pembelajaran (memberikan
kegiatan yang harus dilakukan siswa).
4. Berikut
ini adalah kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan tindak lanjut,
kecuali ... .
B.
Kegiatan
melakukan penilaian merupaka salah satu kegiatan akhir pembelajaran, bukan
kegiatan tindak lanjut.
5. Langkah
pertama yang harus ditempuh dalam memberikan tugas pada siswa adalah ... .
A.
Agar
tugas yang diberikan dapat dikerjakan dengan benar, guru pertama kali harus
menetukan dan menjelaskan secara singkat tentang topik tugas tersebut.
6. Kegiatan
meninjau kembali kegiatan siswa terhadap materi pelajaran dilakukan agar siswa
... .
A. Kegiatan meninjau kembali penguasaan
siswa dilakukan untuk memberikan gambaran utuh tentang materi pelajaran dan
untuk meyakinkan guru tentang penguasaan siswa terhadap materi yang dipelajari.
7. Kegiatan
akhir dan tindak lanjut harus berlandaskan pada perencanaan yang telah dibuat
serta harus dilaksanakan secara ... .
D. Kegiatan akhir dan tindak lanjut
pembelajaran harus direncanakan dan dilaksanakan secara efektif, efisien,
fleksibel, dan sistematis.
8. Kegiatan
tindak lanjut dalam pembelajaran, sperti memberikan pengayaan dan perbaikan,
dapat dilaksanakan stelah ... .
C. Kegiatan pengayaan atau remedial
sebagai kegiatan tindak lanjut pembelajarandapat dilaksanakan setelah melakukan
kegiatan penialian akhir pembelajaran dan penilaian formatif.
9. Penilaian
pada kegiatan akhir pembeljaran dapat dilakukan secara lisan dengan
pertimbangan ...
C. Penilaian pada kegiatan akhir
pembelajaran dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan lisan apabila
pertanyaan tersebut dutujukan pada
beberapa siswa secara representatif dan guru dapat secralangsung menganalisis
hasil penilaian tersebut sehingga guru dapat mengetahui penguasaan siswa atau
kelas terhadap komptensi yang diharapkan.
10.
Faktor yang harus dipertimbangakan guru
dalam memberikan tugas pada siswa adalah ... .
D.
Tugas
yang baik adalah tgas yang sesuai dengan waktu yang tersedia dan kemampuan yang
miliki siswa, terpadu dengan (tugas) mata pelajaran yang lain, serta sesuai
dengan tujuan pembelajaran.
TUGAS MODUL 5
TES FORMATIF 1
1.
Faktor yang
harus dipertimbangkan dalam memilih metode mengajar adalah …
A, tujuan
pembelajaran,materi pembelajaran, siswa, dan alokasi waktu yang tersedia
2.
Metode mengajar
adalah merupakan…
D, cara dan
teknik yang digunakan guru dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan
3.
Penggunaan
metode mengajar dalam pembelajaran memiliki fungsi-fungsi,kecuali …
D, sebagai
acuan dalam menentukan perkembangan kemampuan siswa
4.
Metode mengajar
harus memungkinkandapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap bahan
pelajaran …
D, curiosty
5.
Metode mengajar
memungkinkan siswa belajar secara
mandiri dan belaja sesuai dengan kemampuannya adalah…
D,
independent study
6.
Siswa dapat
mengidentifikasi alat percobaan bunyi dapat merambat melalui zat cair dan gas.
Tujuan tersebut dikategorikan dalam ranah …
D, analisis
7.
Siswa dapat
membandingkan antara ukuran besar induk dengan anaknya,kegiatan belajar
tersebut efektif jika menggunakan metode,kecuali…
B, pemecahan
masalah
8.
Urutan yang
benar dari tujuan yang ingin dicapai dalam ranah kognitif mulai dari yang
terendah,sampai yang sukar adalah…
A,
pengetahuan, pemahaman,aplikasi,analisis,sintesis,evaluasi
9.
Dalam pemilihan
metode mengajar yang pertama harus dipertimbangkan adalah …
C, tujuan
pembelajaran
10. Dalam pemilihan odel mengajar ,factor siswa perlu
dipertimbangkan terutama yang berhubungan dengan …
C, jumlah dan
kemampuan siswa
TES FORMATIF 2
1.
Penggunaan
metode demonstrasi lebih tepat apabila karakteristik materi pelajarannya…
D,
mempertunjukkan suatu proses
2.
Kondisi siswa
yang perlu diperhatikan dalam metode ceramah, kecuali …
A, kemampuan
bertanya dan berargumentasi
3.
Metode mengajar
ceramah lebih tepat digunakan apabila karakteristik materinya bersifat…
A, informatif
4.
Metode ceramah
lebih sesuai digunakan pada pembelajaran …
A, klasikal
5.
Untuk membentuk
pemahaman cara menerapkan menyelesaikan persoalan atau permasalahan cenderung
menggunakan metode …
D, diskusi
6.
Metode mengajar
yang lebih cenderung pada penyajian bahan pelajaran pada objek yang bukan
sebenarnya adalah metode
D, simulasi
7.
Keunggulan dari
metode diskusi, kecuali…
A, siswa
dapat bertukar pikiran
8.
Metode simulasi
dapat membentuk pengalaman belajar siswa dalam hal pemahaman …
D, dalam
menginterprestasi suatu kejadian
9.
Metode mengajar
yang dalam penyajiannya mencobakan sesuatu serta melakukan pengamatan terhadap
objek tertentu adalah metode …
C, eksperimen
10. Untuk membentuk siswa memiliki rasa ingin tahu dan
ingin menguji kebenaran sesuatu sebaiknya menggunakan metode …
D, eksperimen
TUGAS MODUL 6
TES FORMATIF 1
1. Media
pembelajaran pada hakikatnya merupakan … .
Jawab : C. Wahana
penyalur pesan – pesan pembelajaran
2. Keberadaan
media dalam proses pembelajaran dikatakan diwujudkan dengan adanya … .
Jawab : A. perubahan
perilaku siswa sesuai dengan tujuan.
3. Fungsi
utama media dalam proses pembelajaran adalah … .
Jawab : B. mengurangi
terjadinya verbalisme pada diri siswa
4. Apabila
akan menggunakan media pembelajaran , hal utama yang harus dipertimbangkan
yaitu … .
Jawab : C. tujuan
kompetensi pelajaran yang ingin dicapai
5. Salah
satu manfaat yang dimiliki media pembelajaran, yaitu … .
Jawab : B.
membangkitkan motivasi belajar siswa
6. Dalam
komunikasi pembelajaran dibutuhkan peran media untuk … .
Jawab : A. meningkatkan
keefektifan pencapaian tujuan kompetensi
7. Dua
unsure penting dalam media pembelajaran, yaitu … .
Jawab : B. pesan dan
peralatan
8. Hasil
penelitian yang menguatkan pentingnya media pembelajaran, di antaranya adalah…
.
Jawab : A. proses
pembelajaran akan berhasil bila peran guru sangat aktif
9. Pernyataan
yang paling tepat adalah … .
Jawab : A. media
pembelajaran merupakan bagian integral dari proses pembelajaran
10. Pernyataan
yang bukan merupakan nilai media pembelajaran adalah … .
Jawab : C. membuat
konsep – konsep yang nyata menjadi abstrak
TES
FORMATIF 2
1. Pengertian
media by design ialah … .
Jawab : A. media yang
sengaja dirancang untuk mencapai tujuan
2. Jenis
media visual terdiri atas media … .
Jawab : C. projected
dan nonprojected
3. Salah
satu contoh media visual – diam, yaitu … .
Jawab : grafik tentang
perkembangan penduduk
4. Dalam
kegiatan pembelajaran untuk menjelsakan rangkaian isi bahan dalam suatu urutan
logis dan mengandung makna secara mudah, menarik, dan cepat dalam bentuk berseri
digunakan media grafis … .
Jawab : B. kartun
5. Bagan
untuk menggambarkan arah menunjukkan suatu idea tau gagasan melalui garis,
symbol, gambar dan kata – kata singkat , kecuali … .
Jawab : D. batang
6. Dalam
proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai jenis media … .
Jawab : B. tidak baik,
sebab akan mengaburkan tujuan pembelajaran
7. Proyektor
yang memproyeksikan benda dan gambar/huruf dari halaman buku/majalah disebut …
.
Jawab : A. opaque
8. Dalam
pelajaran Biologi tentang anatomi manusia guru membawa rangka manusia untuk
menjelaskan susunan tentang iga manusia, dalam hal ini guru menggunakan media
tiga dimensi model … .
Jawab : D. build-up
9. Media
yang tepat untuk melihat alat pencernaan pada seekor tikus yaitu media … .
Jawab : C. grafis
10. Media
tiga dimensi yang sering diigunakan dalam proses belajar mengajar adalah … .
Jawab
: D. model
TES FORMATIF 3
1. Klasifikasi
media sederhana untuk ukuran sekolah dasar pada umumnya menggunakan media … .
Jawab
: C. flipchart yang berisi media grafis
2. Pemilihan
media pembelajaran diperlukan karena … .
Jawab : B. jenis media
sangat banyak , juga karakteristiknya
3. Apabila
guru salah dalam memilih media maka yang terjadi adalah … .
Jawab : A. tujuan
pembelajaran tidak tercapai dengan baik
4. Prinsip
– prinsip pemilihan media sebagai berikut, kecuali … .
Jawab : D. kemudahan
guru menggunakan media
5. Objektivitas
sebagai salah satu factor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media,
maksudnya adalah … .
Jawab
: C. tidak disadari oleh kesenangan
pribadi guru
6. Jenis
bagan yang cocok untuk menunjukkan suatu silsilah keluarga, yaitu bagan … .
Jawab
: B. pohon
7. Bagan
table cocok digunakan untuk menerangkan … .
Jawab
: A. tarif angkutan udara dari suatu
perusahaan penerbangan
8. Untuk
lebih memberikan efek penekanan atau penonjolan maka bagan atau diagram yang
dibuat guru perlu dilengkapi dengan … .
Jawab
: C. menggunakan warna – warna yang
kontras
9. Bagian
– bagian anatomi alat pencernaan manusia akan lebih tepat digunakan melalui
model… .
Jawab
: C. susun
10. Bentuk
tiruan tiga dimensi yang menggambarkan suatu pemandangan di kaki bukit,
disebut… .
Jawab : B. diorama
TES FORMATIF 4
1. Sumber
belajar yang berupa pesan, yaitu … .
Jawab : C. garis –
garis besar program pembelajaran
2. Salah
satu keuntungan yang diperoleh apabila guru menggunakan lingkungan sebagai
sumber belajar adalah … .
Jawab : A. belajar akan
lebih bermakna
3. Lingkungan
yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu lingkungan … .
Jawab
: B. social dan lingkungan alam
4. Kehidupan
masyarakat yang dapat dipelajari sebagai lingkungan social yaitu … .
Jawab : A. adat
istiadat sekelompok masyarakat
5. Apabila
kita akan mengajarkan lingkungan social sebagai sumber belajar maka mulailah
dari lingkungan … .
Jawab : B. terdekat
dengan siswa
6. Tumbuh
– tunbuhan, hewan, udara, dan iklim termasuk lingkungan … .
Jawab : C. fisik
7. Membawa
lingkungan kedalam situasi belajar – mengajar dapat dilakukan dengan cara… .
Jawab : C. memanfaatkan
dokter puskesmas untuk berbicara di sekolah
8. Mempelajari
cara bercocok tanam padi langsung disawah dimana para petani sedang bekerja,
biasa disebut … .
Jawab : B. fieldtrip
9. Langkah
perencanaan yang dapat dilakukan untuk menggunakan lingkungan sebagai sumber
belajar … .
Jawab : A. menentukan
tujuan dan objek studi
10. Akhir
dari kegiatan survey lingkungan, yaitu para siswa melaporkan hasil – hasil yang
diperolehnya di depan kelas, kemudian ditanggapi oleh para siswa lainnya dari
guru, termasuk langkah … .
Jawab : D. tindak
lanjut atau follow-up
Tidak ada komentar:
Posting Komentar